1.
Teori mengenai
Manajemen Keuangan hubungannya dengan
Manajemen Keuangan Internasional ?
Jawaban :
Teori Manajemen Keuangan menurut Bambang Riyanto adalah
keseluruhan aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan usaha mendapatkan dana
yang diperlukan dengan biaya yang minimal dan syarat-syarat yang paling
menguntungkan beserta usaha untuk menggunakan dana tersebut seefisien mungkin,
sedangkan
Manajemen Keuangan Internasional (MKI) adalah ilmu dan seni
yang merupakan bagian dari ekonomi internasional yang mempelajari dan
menganalisis pengelolaan POAC (Planning, Organizing, Actuating and Controlling)
sumber daya keuangan unit makro ekonomi (perusahaan, organisasi, perorangan)
khususnya berkenaan dengan pengaruh fluktuasi kurs valas terhadap aktivitas
ekonomi keuangan internasional yang meliputi International Commercial
Transaction, International Financial Transaction, International Financial Risk
Management, Financial Report, Financial Performance.(Hamdy Hady, 2006, p3).
Hubungan MK & MK Internasional : Membahas keputusan
investasi, keputusan pendanaan dan kebijaksanaan deviden serta bertujuan
memaksimalkan nilai perusahaan dengan memaksimalkan harga saham perusahaan.
Perbedaan MK & MK
Internasional :
Manajemen Keuangan untuk perusahaan domestik walaupun punya
banyak anak perusahaan tetapi masih dalam satu negara (satu mata uang) sehingga
tidak terjadi masalah resiko perubahan nilai tukar (foreign exchange rate),
perpajakan dan akuntansi khususnya pembuatan laporan keuangan rekonsiliasi.
Manajemen Keuangan Internasional :
1.
Membahas tentang lingkungan manajemen keuangan internasional, faktor-faktor
yang mempengaruhi nilai tukar dan neraca pembayaran serta implikasinya pada
suatu negara
2. Pasar valuta asing (foreign exchange
market) dan bagaimana pasar valas ini berfungsi dalam perekonomian dunia.
3. Mengukur dan manajemen ekposur mata
uang asing,
4. Analisis investasi langsung,
5. Manajemen operasi multinasional
6. Perbankan internasional
2.
Cari Profil Perusahaan Multinasional Company dilihat dari segi keuangannya
!
Jawaban :
PT Astra Honda Motor (AHM)
adalah perusahaan patungan yang didirikan oleh Perseroan (50%) dan Honda Motor
Company Ltd. (50%) sebagai pemegang lisensi untuk memproduksi, mendistribusi
dan memasarkan sepeda motor Honda di Indonesia. AHM didukung oleh Honda Sales
Operation (HSO) sebagai main dealer yang bertanggung jawab atas operasional
penjualan sepeda motor Honda, berikut suku cadang dan layanan purnajual Honda
di Indonesia.
AHM memiliki jaringan yang
handal, terdiri dari 29 main dealer di seluruh Indonesia, 1.814 outlet, 3.619
bengkel dan 7.550 gerai suku cadang. Dari 29 main dealer, sejumlah 11 adalah
bagian dari Honda Sales Operation dalam jaringan bisnis Grup Astra, yang
memberikan kontribusi sebesar 30% dari total penjualan
AHM dan jaringan Honda
berkomitmen dalam menyediakan layanan purna jual yang terbaik, dengan dukungan
yang kuat dari Honda Customer Care Center, sebagai unit kerja
khusus untuk mempererat hubungan dengan pelanggan di seluruh tanah air, melalui
jaringan operasional Honda. Honda Customer Care Center mengelola
contact center sebagai media yang memfasilitasi akses langsung bagi pelanggan
untuk menyampaikan pertanyaan, keluhan dan permasalahan lainnya serta melakukan
koordinasi internal untuk penanganannya.
Fasilitas Produksi
Pada tahun 2013, AHM memiliki
kapasitas produksi sebesar 4,5 juta unit per tahun di tiga pabrik perakitan,
dimana tingkat permintaan produk masih lebih tinggi dibandingkan dengan
kapasitas produksi normal Sejalan dengan permintaan pasar, saat ini Honda
sedang membangun pabrik yang keempat, yang diharapkan dapat mulai berproduksi
pada pertengahan tahun 2014. Pabrik ini khusus dirancang untuk memproduksi scooter
matic dengan kapasitas sebesar 1,1 juta unit per tahun, dilengkapi dengan
teknologi terdepan dan paling efisien.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar