Kamis, 12 Maret 2015

Keuangan Internasional




1.     Teori mengenai Manajemen Keuangan  hubungannya dengan Manajemen Keuangan Internasional ?

Jawaban :
Teori Manajemen Keuangan menurut Bambang Riyanto adalah keseluruhan aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan usaha mendapatkan dana yang diperlukan dengan biaya yang minimal dan syarat-syarat yang paling menguntungkan beserta usaha untuk menggunakan dana tersebut seefisien mungkin, sedangkan
Manajemen Keuangan Internasional (MKI) adalah ilmu dan seni yang merupakan bagian dari ekonomi internasional yang mempelajari dan menganalisis pengelolaan POAC (Planning, Organizing, Actuating and Controlling) sumber daya keuangan unit makro ekonomi (perusahaan, organisasi, perorangan) khususnya berkenaan dengan pengaruh fluktuasi kurs valas terhadap aktivitas ekonomi keuangan internasional yang meliputi International Commercial Transaction, International Financial Transaction, International Financial Risk Management, Financial Report, Financial Performance.(Hamdy Hady, 2006, p3).

Hubungan MK & MK Internasional : Membahas keputusan investasi, keputusan pendanaan dan kebijaksanaan deviden serta bertujuan memaksimalkan nilai perusahaan dengan memaksimalkan harga saham perusahaan.

Perbedaan MK & MK Internasional : 
Manajemen Keuangan untuk perusahaan domestik walaupun punya banyak anak perusahaan tetapi masih dalam satu negara (satu mata uang) sehingga tidak terjadi masalah resiko perubahan nilai tukar (foreign exchange rate), perpajakan dan akuntansi khususnya pembuatan laporan keuangan rekonsiliasi.


Manajemen Keuangan  Internasional :
1.            Membahas tentang lingkungan manajemen keuangan internasional, faktor-faktor yang mempengaruhi nilai tukar dan neraca pembayaran serta implikasinya pada suatu negara
2.      Pasar valuta asing (foreign exchange market) dan bagaimana pasar valas ini berfungsi dalam perekonomian dunia.
3.      Mengukur dan manajemen ekposur mata uang asing,
4.      Analisis investasi langsung,
5.      Manajemen operasi multinasional
6.      Perbankan internasional















2.      Cari Profil Perusahaan Multinasional Company dilihat dari segi keuangannya !
Jawaban :
http://www.astra-honda.com/files/9213/8682/1434/Company-Profile-AHM.jpg
PT Astra Honda Motor (AHM) adalah perusahaan patungan yang didirikan oleh Perseroan (50%) dan Honda Motor Company Ltd. (50%) sebagai pemegang lisensi untuk memproduksi, mendistribusi dan memasarkan sepeda motor Honda di Indonesia. AHM didukung oleh Honda Sales Operation (HSO) sebagai main dealer yang bertanggung jawab atas operasional penjualan sepeda motor Honda, berikut suku cadang dan layanan purnajual Honda di Indonesia.
AHM memiliki jaringan yang handal, terdiri dari 29 main dealer di seluruh Indonesia, 1.814 outlet, 3.619 bengkel dan 7.550 gerai suku cadang. Dari 29 main dealer, sejumlah 11 adalah bagian dari Honda Sales Operation dalam jaringan bisnis Grup Astra, yang memberikan kontribusi sebesar 30% dari total penjualan
AHM dan jaringan Honda berkomitmen dalam menyediakan layanan purna jual yang terbaik, dengan dukungan yang kuat dari Honda Customer Care Center, sebagai unit kerja khusus untuk mempererat hubungan dengan pelanggan di seluruh tanah air, melalui jaringan operasional Honda. Honda Customer Care Center mengelola contact center sebagai media yang memfasilitasi akses langsung bagi pelanggan untuk menyampaikan pertanyaan, keluhan dan permasalahan lainnya serta melakukan koordinasi internal untuk penanganannya.
Fasilitas Produksi
Pada tahun 2013, AHM memiliki kapasitas produksi sebesar 4,5 juta unit per tahun di tiga pabrik perakitan, dimana tingkat permintaan produk masih lebih tinggi dibandingkan dengan kapasitas produksi normal Sejalan dengan permintaan pasar, saat ini Honda sedang membangun pabrik yang keempat, yang diharapkan dapat mulai berproduksi pada pertengahan tahun 2014. Pabrik ini khusus dirancang untuk memproduksi scooter matic dengan kapasitas sebesar 1,1 juta unit per tahun, dilengkapi dengan teknologi terdepan dan paling efisien.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar